Trending

PDIP Buka Rakernas Perdana Tanpa Jokowi Hari Ini, Megawati Beri Pidato

 

RAKERNAS PDIP: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang akan digelar selama tiga hari mulai, Jumat (24/5/2024) siang ini -Foto dok cnnindonesia.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang akan digelar selama tiga hari mulai, Jumat (24/5/2024) siang ini.

Rakernas digelar di International Beach Stadium Ancol, Jakarta Utara. Pada pembukaan kali ini, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani akan menyampaikan pidato politik.

"Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan dalam seluruh materi yang dibahas dalam Rakernas. Kemudian ada pengarahan dari Ketua DPR Mbak Puan Maharani," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (23/5/2024).


Rakernas akan dihadiri tiga unsur partai masing-masing yakni para anggota legislatif, kepala daerah, dan struktural partai. Selain itu, hadir pula para sekretaris dan para ketua pimpinan daerah mulai tingkat kabupaten hingga provinsi.

Hasto menyebut total peserta Rakernas kali ini mencapai lebih dari empat ribuan orang yang semuanya merupakan unsur internal partai. Rakernas tak mengundang pihak eksternal, termasuk Presiden Joko Widodo sebagai presiden yang dua periode diusung partai tersebut.

Ketidakhadiran presiden dengan demikian menjadi kali pertama dalam sepuluh terakhir PDIP menggelar Rakernas. Hasto memberi sinyal pihaknya tak mengundang Presiden sebagai bentuk kekecewaan atas pelaksanaan Pemilu dan Pilpres lalu.

Menurut Hasto, pemilu kali ini sebagai pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi di Indonesia. Termasuk di antaranya lewat rekayasa hukum di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dan pemilu ini dalam sengketa pilpres baru pertama kali ada dissenting opinion dari tiga hakim MK," katanya.

Sumber: cnnindonesia.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB