Trending

Musim Kemarau di Balangan Diprediksi Mulai Minggu Kedua Bulan Juni 2024

SOSIALISASI: BPBD Balangan mengikuti Zoom Meeting tentang prediksi musim kemarau tahun 2024 dari BMKG - Foto Dok Mardiana 


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– BMKG Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merilis prediksi musim kemarau tahun 2024 melalui konferensi pers via daring atau zoom meeting, pada beberapa hari yang lalu. 

Pada kegiatan tersebut, BPBD Balangan turut mengikutsertakan perwakilannya dari Penyuluh Bencana Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi mengungkapkan, paparan soal prediksi tersebut disampaikan oleh Goeroeh Tjiptanto selaku Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Kalsel. 

Menurut H Rahmi, BMKG Provinsi Kalsel memprediksi awal musim kemarau di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Kalsel terjadi tidak secara bersamaan. Yakni, antara bulan Juni hingga Agustus 2024.

"Musim kemarau tahun 2024 Provinsi Kalsel diprediksi mundur atau lebih lambat dari kondisi normal seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya, Senin (6/5/2024). 


Karena perbandingan prediksi dari tahun sebelumnya, di tahun 2024 musim kemarau Provinsi Kalsel secara umum akan lebih pendek. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Balangan diprediksi akan memasuki awal musim kemarau di minggu kedua bulan Juni 2024 (Dasarian II Juni). 

"Sifat musim kemarau Kabupaten Balangan diprediksi dalam kondisi normal. Adapun puncak musim kemarau wilayah Kabupaten Balangan diprediksi dari Bulan Agustus hingga September 2024," jelasnya. 

Lebih lanjut, BMKG juga memberikan saran dan masukan untuk Pemerintah Daerah guna menyiapkan lokasi penampungan air. Seperti, danau, waduk, dan sumur bor dalam menghadapi musim kemarau sebagai langkah antisipatif terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

"Kemudian menggerakkan masyarakat untuk menyiapkan penyimpanan air bagi rumah tangga melalui gerakan memanen air hujan," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB