Trending

Kampung Ohoy Balogo Sungai Besar, Lestarikan Budaya Banjar

PERMAINAN TRADISIONAL: Camat Banjarbaru Selatan, Adi Surya Noor, saat memainkan permainan Balogo - Foto Dok mediacenter.banjarbarukota.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Suasana riuh diiringi tawa gembira, tampak terlihat diantara warga, baik itu tua, muda, hingga anak-anak, semuanya larut dalam kegembiraan bersama-sama bermain Balogo (Olahraga Tradisional Khas Banjar) pada, Jumat (10/5/2024) lalu, di Kampoeng Ohoy Balog, Kelurahan Sungai Besar, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Diiringi musik panting yang merdu, Camat Banjarbaru Selatan, Adi Surya Noor, yang bermain balogo bersama warga mengatakan, kegiatan ini mampu mempererat silaturahmi antar sesama warga, dan sebagai usaha melestarikan olahraga tradisional khas Banjar.

“Yang jelas ini mudah-mudahan bisa menjadi percontohan bagi lingkungan-lingkungan lainnya yang ada di Kecamatan Banjarbaru Selatan,” katanya.


Ia menambahkan, jadwal rutin Balogo ini minimal tiga kali seminggu dilaksanakan oleh warga.

“Jadi setiap ada event atau mungkin ada waktu senggang, tapi yang terjadwalnya setiap malam Selasa, malam Kamis dan malam Sabtu,” imbuhnya.

Camat Adi juga menyatakan, kegiatan ini sangat didukung oleh Pemerintah Kota Banjarbaru.

“Lomba balogo beberapa kali event yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru, malah dalam waktu dekat nih ada event lagi, mudah-mudahan nanti segera terrealisasi Insya Allah di bulan ini atau bulan depan di bulan juni untuk (lomba balogo) tingkat se-Kalsel,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga, Ahmad Najimi mengatakan, dengan adanya olahraga bologo ini dirinya bersama warga melestarikan budaya banjar dan juga mempererat silaturahmi antara warga.

“Acara bologo ini juga sebagai bentuk latihan kita apabila ada perlombaan-perlombaan tradisional, kita akan mewakili banjarbaru di event daerah maupun nasional,” tutupnya.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB