Trending

IPARI Banjarbaru Rencanakan Aksi Tanam Seribu Pohon

TINJAU: Kepala Kemenag Banjarbaru, H Mahrus, bersama Ketua IPARI Banjarbaru, H Fauzi, dan jajaran melakukan pemeriksaan bibit pohon yang akan ditanam pada saat peringatan HUT pertama IPARI - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kota Banjarbaru, berencana melakukan penanaman pohon guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pertama IPARI pada, Kamis (30/5/2024) besok. 

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Ketua IPARI Kota Banjarbaru, H Fauzi, saat memastikan ketersediaan bibit pohon di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banjarbaru. 

"Secara keseluruhan sebenarnya kami memiliki tiga agenda kegiatan, pertama zero plastic (kampanye pengurangan plastik -red), kedua seminar moderasi beragama, dan yang ketiga penanaman sejuta pohon," ungkapnya, Rabu (29/5/2024). 


Lebih lanjut H Fauzi menjelaskan, bahwa IPARI Banjarbaru telah menyediakan seribu pohon yang nantinya akan ditanam pada beberapa titik lokasi. 

"Kampung moderasi beragama di Kelurahan Guntung Paikat, Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Palam, dan beberapa tempat ibadah seperti Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Kemenag Banjarbaru, H Mahrus mengungkapkan, penanaman seribu pohon yang dilakukan IPARI Banjarbaru memiliki makna melindungi dan kedamaian. 

"Selain bermanfaat, hakikat pohon ini subur dan rindang, sehingga hal itu bisa diartikan sebagai simbol kerukunan antar umat beragama sekaligus menjaga bumi," tuturnya. 

"Dengan menanam pohon, secara tidak langsung kita telah menjaga bumi dari hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya. 

H Mahrus juga berharap, melalui kegiatan penanaman pohon di momen HUT pertama IPARI, bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Terlebih di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Untuk diketahui, IPARI Banjarbaru memiliki jumlah kepengurusan sebanyak 55 orang yang berasan dari kalangan Penyuluh Agama berstatus ASN dan Non ASN. 

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB