Trending

Hardiknas 2024, Bupati Balangan Janjikan Kenaikan Gajih Guru dan Tenaga Pendidik

AMANAT: Bupati Balangan, H Abdul Hadi, ketika membacakan amanat upacara dari Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Kamis (2/5/2024) di halaman Kantor Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Upacara yang mengusung tema tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Dipimpin langsung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi diikuti unsur Forkopimda, Kepala SKPD, jajaran ASN di lingkup Pemkab Balangan, para guru serta pelajar.

Dalam prosesnya, upacara diawali dengan persembahan kabaret oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Balangan dan pembawaan lagu Balangan Sayang versi Bahasa Inggris oleh peserta Training of Trainer (ToT) Cambridge UK.

Bupati Balangan yang menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kesadarannya tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk mengubah sistem pendidikan di Indonesia yang dimulai dari mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

Kemudian, proses tersebut terhambat dengan adanya pandemi yang mengubah cara belajara mengajar dan cara hidup secara drastis.

“Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak,” katanya.


Lebih lanjut, Nadiem menitipkan para generasi penerus bangsa kepada seluruh guru di Indonesia untuk dapat meneruskan gerakan Merdeka Belajar.

“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” pungkasnya.

Adapun Bupati Balangan, menjanjikan kepada seluruh guru pada setiap ulang tahun PGRI, Pemkab Balangan akan menaikkan gaji pokok untuk semua pihak yang terlibat dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Balangan.

“Mulai penjaga sekolah, pelaku dan pengajar yang terlibat dalam memajukan pendidikan Kabupaten Balangan, Alhamdulillah kesejahteraannya menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Kemudian, dalam bagian perlengkapan Pemkab Balangan juga akan memberikan laptop kepada setiap guru.

“Satu guru, satu laptop di tahun ini,” tambahnya.

Selain membacakan sambutan Mendikbudristek, Bupati Abdul Hadi, juga menyampaikan program beasiswa Balangan Unggul 1000 Sarjana yang juga diperuntukan kepada seluruh pihak yang ingin melanjutkan pendidikan hingga S3.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB