Trending

Dinas PUPR Banjarbaru Segera Pasang Trotoar Sepanjang Jalan Kemuning

PENGUKURAN: Sejumlah pegawai Dinas PUPR Banjarbaru memastikan lebar jalan yang nantinya dipasang trotor - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, berencana akan melakukan pemasangan trotoar di sepanjang jalan Kemuning, Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kasi Bina Marga Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Wahyu, usai melakukan pengukuran lebar jalan yang nantinya akan digunakan untuk pemasangan trotoar, Jumat (3/5/2024) kemarin.

"Direncanakan masing-masing lebarnya dua meter dengan panjang sekitar 465 meter. Lalu, untuk bagian atasnya akan kita finishing dengan bata steam dan fasilitas untuk difabel," ungkapnya.


Menurut Wahyu, tujuan pemasangan trotor yang memakan anggaran sekitar 4,5 miliar di sepanjang jalan Kemuning itu, merupakan salah satu cara Pemko Banjarbaru dalam memberikan hak bagi pengguna jalan, khususnya para pejalan kaki.

"Kondisi di sini (jalan Kemuning -red) saat ini sudah mulai padat. Sehingga untuk menghindari kemungkinan kecelakaan lalu lintas kita putuskan untuk memasang trotoar," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa proyek pemasangan trotoar akan dimulai dalam kurung waktu dua minggu ke depan.

"Kurang lebih dua minggu lagi mulai, kita masih menunggu kontraktor mendatangkan komponen gorong-gorong yang nanti dipasang," bebernya.

WAWANCARA: Kasi Bina Marga PUPR Banjarbaru, Wahyu, saat menyampaikan spesifikasi rencana pemasangan trotoar - Foto Dok H Faidur


"Proses awalnya tentu penggalian di titik yang sudah ditentukan," sambungnya.

Sementara itu, Lurah Guntung Paikat, Muhammad Arifin menjelaskan, telah melakukan sosialisasi terkait pemasangan trotoar di wilayahnya kepada sejumlah warga.

"Sudah kami lakukan sosialisasi melalui sejumlah RT dan tokoh masyarakat, hasilnya mereka mengerti tujuan dari pelaksanaan proyek ini," ucapnya.

Arifin mengatakan, terlepas dari rencana yang akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Banjarbaru. Ia telah mengusulkan perihal revitalisasi gorong-gorong di jalan Kemuning pada saat kegiatan musrenbang.

"Hampir di setiap kegiatan musrenbang sejak 2019 hingga sekarang, Alhamdulillah sekarang terealisasikan meski lewat PUPR," 

Di sisi lain, salah satu warga Guntung Paikat, Salmani, yang sejak tahun 1996 sudah berada di daerah tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemko Banjarbaru atas rencana pemasangan trotoar. 

"Hari ini macet banar (sekali -red) kondisi jalanan di sini, jadi memang sudah saharusnya ada pelebaran jalan dan pemasangan trotoar," tukasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB