Trending

Usung Tema Tebar Iftar Tebar Kebaikan, DPD PPJI Kalsel Gelar Peningkatan Skill UMKM Hingga Pemberian Santunan

SANTUNAN: Ketua DPD PPJI Kalsel, Bang Qomal saat memberikan santunan kepada salah satu santi pondok pesantren - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar "Tebar Iftar Tebar Kebaikan" pada hari ke-25 Ramadan, Jumat (05/04/2024) kemarin, di Panggung Minggu Raya, Kota Banjarbaru.

Dalam pelaksanaannya, DPD PPJI Kalsel berkolaborasi dengan organisasi Minggu Raya (MGR) dan Semangat Muda. Melakukan pemberian santunan untuk 200 orang anak yatim dan santri pondok pesantren.

Ketua DPD PPJI Kalsel, Putra Qomaluddin Attar Nuriqli mengatakan, selain pemberian santunan. Tebar Iftar Tebar Kebaikan juga diisi berbagai macam kegiatan, mulai dari Sharing Season: MGR Naik Kelas, buka bersama, dan tebar nasi kotak. 

Dirinya mengungkapkan, kegiatan kolaboratif ini bertujuan kebermanfaat bagi MGR, selaku organisasi ataupun komunitas UMKM tertua yang ada di Banjarbaru.

“Ini merupakan kegiatan Ramadan yang kita bisa serap untuk kebermanfaatan bagi MGR sebagai salah satu komunitas UMKM tertua di Banjarbaru, dan juga sebagai wujud simbol UMKM baru di Ibukota Provinsi Kalsel,” ujarnya.


Lebih lanjut menurutnya, kegiatan dari DPD PPJI ini juga diperuntukkan untuk scale up UMKM yang ada di organisasi MGR agar bisa naik kelas.

“Jadi itu diperuntukkan menscale up UMKM yang ada di MGR agar menjadi lebih tahu serapan yang kita berikan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, hasil sesi diskusi yang sudah dilaksanakan dalam kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh pihak terkait, khususnya mereka yang ikut dalam diskusi tersebut.

POSE: Putra Qomaluddin Attar Nuriqli atau Bang Qomal (kiri) bersama Ketua PPJI Pusat, Irwan Iden Gobel (kanan) - Foto Dok Istimewa


“Semoga ada tindak lanjut dari dinas ataupun gerakan komunitas yang didorong pembicara tadi untuk berkomitmen meneruskan hasil program diskusi kali ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PPJI Pusat, Irwan Iden Gobel menyebutkan, bahwa kegiatan kolaboratif seperti ini memang rutin dilaksanakan dalam kepengurusan PPJI di setiap daerah.

Dirinya menuturkan, jika kegiatan ini banyak sekali memberikan stimulus, apalagi dengan MGR selaku komunitas tertua di Banjarbaru.

“Banyak hal yang bisa menunjang tempat ini, agar semua tenant yang ada disini bisa berkolaborasi saling mengisi, bermanfaat bagi semuanya dan pemerintah,” ucapnya.

“Seperti juga banyak hal-hal yang bisa kolaborasikan dengan Pemerintah Daerah untuk menscale up komunitas UMKM,” tambahnya.

Dirinya juga mendorong digitalisasi UMKM yang diakomodir oleh MGR Banjarbaru untuk meningkatkan kualitas UMKM tersebut.

Saat ditanya mengenai Qomal, selaku Ketua DPD PPJI Kalsel, dirinya menyebut Qomal sebagai sosok yang mampu meningkatkan kualitas UMKM di Kalsel, khususnya di Banjarbaru.

“Bang Qomal di Banjarbaru adalah salah satu tokoh masyarakat kalangan muda yang mampu menscale up UMKM,” katanya.

Hal tersebut menurutnya, sosok seperti Qomal yang bisa melakukan scale up UMKM, sangat diperlukan dalam memajukan sektor UMKM di Kota Idaman.

“Gimana kita mau go internasional, kalau produk kita saja tidak berstandar khusus dari bawahnya, jadi harus scale up dulu,” pungkasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB