Trending

Sukses Bangun Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi se-Indonesia, Berikut Deretan Prestasi Wali kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin

PRESTASI: Baznas Award 2024 yang merupakan salah satu penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Banjarbaru di tahun 2024 - Foto Dok mediacenter.banjarbarukota.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Sebanyak 58 penghargaan berhasil diraih Kota Banjarbaru diusianya ke-25 tahun pada 20 April 2024. Melalui kepemimpinan Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berjuluk Kota Idaman sukses membangun pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia.

Seperti halnya kenaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang pada tahun 2021 di bawah Rp1,1 triliun kini menjadi Rp1,4 triliun.

Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kota Banjarbaru berhasil masuk dalam katagori sangat tinggi atau telah mencapai 81,25. Di atas rata-rata provinsi sebesar 74,66 dan rata rata nasional sebesar 73,55.

Selanjutnya pertumbuhan ekonomi Banjarbaru selama tahun 2023 sebesar 6,81 persen. Angka untuk pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalsel hingga Nasional.

Lalu pada angka kemiskinan di Banjarbaru pada tahun 2022 berada diangka 5,6 persen, berhasil turun menjadi 4,1 persen. Sedangkan untuk kemiskinan ekstrem hanya sebesar 0,3 persen, di bawah rata-rata Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalsel. 

Adapun tingkat pengangguran terbuka di Kota Banjarbaru, juga mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, yakni dari 5,47 persen di tahun 2022 menjadi 5,01 persen pada tahun 2023.

Sementara itu, selain keberhasilan Wali Kota Aditya dalam sektor perekonomian. Terdapat juga beberapa penghargaan yang diterima atas capaian kinerjanya.

Seperti Best Figure Excellence Award pada tahun 2021, penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI, dan penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dengan nilai 84,74 dari Ombusdman RI tahun 2022.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kota Banjarbaru juga mendapatkan penghargaan Insentif Fiskal atas keberhasilan menekan inflasi daerah dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Pun di tahun selanjutnya yakni 2024, Wali Kota Aditya berhasil menjadi satu-satunya Wali Kota se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat bidang UMKM.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 pada, Selasa (20/2/2024) di Ancol Jakarta.

Sedangkan penghargaan terbaru yang diterima oleh Kota Banjarbaru adalah juara 1 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) tingkat Provinsi Tahun 2024, yang diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB