Trending

Skenario Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024, Dua Jalan Terakhir Garuda

 

PERJUANGAN: Skuad timnas U23 Indonesia saat berfoto menjelang laga kontra Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) -Foto dok bola.kompas.com


RILISKALIMANTAN.COM, QATAR - Timnas U23 Indonesia masih mempunyai peluang memastikan satu tempat di Olimpiade Paris 2024, kendati tumbang dalam semifinal Piala Asia U23 2024.

Timnas U23 Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U23 2024.

Laga timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan berlangsung  pada Senin (29/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Walau timnas Indonesia kalah dari Uzbekistan, Garuda Muda tetap memiliki kesempatan melaju ke Olimpiade 2024. Ada dua jalan terakhir buat timnas U23 Indonesia.

Skenario pertama, timnas U23 Indonesia mesti meraih kemenangan atas Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024.

Timnas Indonesia juga tetap bisa membungkus tempat di Olimpiade 2024 jika tumbang di tangan Irak.

Dalam situasi itu, timnas Indonesia harus mengalahkan wakil Afrika, Guinea, dalam laga playoff yang mempertaruhkan tiket pamungkas Olimpiade 2024.

Juru racik timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan, dirinya percaya diri mampu membawa Garuda Muda menembus Olimpiade 2024.

“Saya percaya diri dan saya juga mempercayai pemain saya. Kami semua yakin untuk melangkah ke Olimpiade,” kata Shin Tae-yong.


Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pun telah memberikan wejangan kepada pemain-pemain timnas Indonesia, agar dapat bangkit setelah kalah dari Uzbekistan, demi mengejar tiket Olimpiade 2024.

“Kasih lihat kita bangsa yang kuat, tidak bisa diinjak-injak,” kata Erick Thohir ketika berbicara di ruang ganti setelah timnas Indonesia kalah dari Uzbekistan.

“Ini ada gim kedua yang penting untuk memastikan kita lolos ke Olimpiade, tempat ketiga,” ujar dia menambahkan.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu pun meminta kepada pemain-pemain timnas Indonesia agar tak larut dalam kekecewaan seusai kalah dari Uzbekistan.

“Kami percaya kalian bisa. Pak Menpora di sini, Pak Presiden menonton kalian, seluruh rakyat Indonesia menyaksikan kalian,” kata dia. 

“Kasih lihat kita bangsa yang kuat, tak bisa diinjak-injak, jangan mengeluh, kita bangkit. Kita kuat dan bakal bangkit. Ayo belum habis,” tuturnya.

Sumber: bola.kompas.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB