Trending

Rakerda KNPI Banjarbaru, Komitmen Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda

SAMBUTAN: Ketua DPD KNPI Banjarbaru, Windi Novianto, saat pembukaan kegiatan Rakerda Tahun 2024 - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru, Windi Novianto, menyebutkan terdapat tiga program kerja utama yang menjadi unggulan di era kepemimpinannya.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Windi Novianto, setelah pembukaan Rakerda DPD KNPI Banjarbaru, Minggu (28/4/2024) di Aula Linggangan DPRD Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Hari ini berfokus untuk melakukan pembinaan organisasi kepemudaan (OKP), penguatan kapasitas Lembaga KNPI, dan peningkatan kapasitas pemuda di Banjarbaru," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, masing-masing dari tiga program kerja itu memiliki urgensi sesuai dengan kondisi KNPI dan Kota Banjarbaru. Seperti, terdapatnya 30 OKP di bawah pembinaan Disporabudpar.

"Kita baru 30 OKP yang masuk binaan Disporabudpar. Sedangkan di Banjarmasin sudah ada 70, tentunya harus dilakukan penjaringan OKP lainnya yang ada di Banjarbaru," ujarnya.

Kemudian, peningkatan kapasitas Lembaga KNPI yang menurutnya bertujuan guna memaksimalkan hubungan KNPI dengan sejumlah SKPD di Kota Banjarbaru.

"Sedangkan untuk peningkatan kapasitas pemuda, nantinya bisa melalui pelatihan yang diikuti oleh para pemuda di Kota Idaman. Khususnya pada bidang pendidikan dan kewirausahaan," bebernya.

Lebih lanjut, dirinya menyatakan bahwa semua program kerja itu memiliki tujuan akhir yakni meningkatkan indeks pembangunan pemuda (IPP) di Ibu Kota Provinsi Kalsel.

"Melalui dua indikator tadi (pendidikan dan kewirausahaan -red) berimbas kepada tingkat pengangguran terbuka (TPT). Kalau pendidikan bagus, pengangguran juga menurun, insyaallah IPP Banjarbaru akan naik," tegasnya.

Dirinya juga meminta kepada Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, agar DPD KNPI memiliki Gedung Pemuda. Mengingat, selama ini mereka kekurangan tempat untuk berkegiatan.

"Sudah dibicarakan, kita ingin Gedung Pemuda yang dilengkapi dengan aula. Jadi, teman-teman para pengurus bisa intens di sana," katanya.

Terakhir, dirinya memastikan semua hal yang telah dibahas di Rakerda dan difinalisasi DPD KNPI Banjarbaru akan disampaikan kepada Wali Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, melalui Staff Ahli Bidang Hukum dan Politik, Marhain Rahman mengatakan, Pemko Banjarbaru mendukung penuh atas kegiatan Rakerda yang dilaksanakan DPD KNPI.

Dirinya menekankan, dengan banyaknya Organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Banjarbaru, maka diperlukan organisasi induk yang bisa menghimpun semua.

"Karena kita tahu akan banyak organisasi yang tumbuh nantinya. Sehingga KNPI diperlukan di dalamnya agar lebih solid," tuturnya.

Dirinya kemudian berpesan agar DPD KNPI Banjarbaru terus melakukan sinergitas kepada pemerintah dan masyarakat sebagai mediator.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB