Trending

Percepatan Adminduk, Kecamatan Gambut Dukung Penuh Program IKD

PENDATAAN: Petugas Disdukcapil Kabupaten Banjar saat melakukan percepatan aktivasi IKD - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dalam rangka meningkatkan cakupan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar melaksanakan percepatan aktivasi IKD, Rabu (3/4/2024) di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kabid Pengelolaan Informasi Adminduk (PIAK), Hayatun Nupus mengungkapkan, dengan IKD sangat mempermudah warga dalam layanan publik hanya tinggal menunjukan melalui smartphone pribadi.

"Selain KTP juga tersedia Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu ASN, Kartu Indonesia Sehat dan Sertifikat Vaksin Covid 19," ujarnya.


Sementara, Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, Syahrani mengatakan, bahwa berdasar hasil konsultasi dengan pihak Disdukcapil. Warganya disarankan untuk terlebih dahulu mendownload Aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

Selanjutnya menyiapkan nomer handphone yang digunakan, Email, Nomor KK atau NIK, dan PIN.

"Dengan integrasi IKD ini, maka dalam tata kelola kependudukan ke depan pada proses pelayanan publik akan lebih cepat dan efisien, data menjadi sinkron dan terpadu yang bisa diperiksa melalui smartphone pribadi dan otomatis berdampak pada kualitas layanan bagi masyarakat," jelasnya.

Senada, Sekretaris Camat Gambut, Ramdani, menyambut baik dan mendukung program Jemput Bola Pelayanan dalam penerapan IKD ditempatnya.

"Kami mendukung penuh program IKD ini, karena program ini bagus untuk masyarakat, terlebih Aplikasi IKD ini terjamin keamanan ditambah dengan fitur pencegahan tangkapan layar, sehingga bisa mencegah atau mengurangi penyalahgunaan informasi," ucapnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB