Trending

Dispersip Kotabaru Gelar Bimtek Pembinaan Perpustakaan se-Kabupaten

FOTO BERSAMA: Sejumlah pengelola perpustakaan se-Kabupaten Kotabaru melakukan bimtek pembinaan perpustakaan - Foto Dok Mawardi


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru senantiasa melakukan sinergitas guna meningkatkan kompetensi para pengelola perpustakaan di tingkat desa dan sekolah melalui bimbingan teknis pembinaan perpustakaan se-Kabupaten Kotabaru, Kamis (18/4/2024) di ruang referensi Disarsipus Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dispersip Kotabaru, Ir Kamirudin menyampaikan, perpustakaan desa merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Kami menghimbau untuk menjadikan perpustakaan desa sekolah sebagai sumber belajar masyarakat," ungkapnya.


Dirinya kemudian mengajak untuk terus mensosialisasikan keberadaan perpustakaan beserta manfaatnya bagi guna meningkatkan kualitas SDM masyarakat pedesaan.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Provinsi Kalsel, Adethia Hailina mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek adalah mengajarkan tentang standar perpustakaan tingkat nasional.

"Untuk tahun ini terlebih dahulu akan kami persiapkan untuk akreditasi perpustakaan desa dan sekolah. Semoga dengan adanya persiapan akreditasi ini sudah lebih peduli terhadap perpustakaan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Pembinaan Perpusda Kotabaru, Sofyan Hamid mengungkapkan, peserta yang mengikuti bimtek berstatus pengelola atau pengurus perpustakaan desa dan sekolah se-Kabupaten Kotabaru,

“Untuk itu kami mengajak secara pelan pelan pada pengelola khusus di sekolah karena tiap tahun pengelola perpustakaan diganti, unsur dari sekolah adalah indeks literasi pembangun masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap untuk perpustakan desa mampu dalam menyerap anggaran karena pemerintah sudah mengalokasi dana desa terutama di bidang perpustakaan.

Penulis: Mawardi

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB