Trending

Dishub Banjarbaru Resmi Tutup Area Putar Balik di Kilometer 29

TUTUP: Dishub Kota Banjarbaru memasang road barrier untuk sementara di area putar balik KM 29 - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Kecelakaan maut yang melibatkan mobil SUV dengan minibus pada pertengahan Januari 2024 lalu di area putar balik atau u-turn Jalan Ahmad Yani Kilometer 29, Banjarbaru menjadi perhatian tersendiri bagi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Adi Royan Pratama menyampaikan, dalam rangka menyikapi hal tersebut, Dishub Banjarbaru secara resmi menutup area putar balik itu pada, Kamis (4/4/2024) lalu.

"Pertimbangannya adalah untuk menghindari kecelakaan di titik tersebut," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, penutupan u-turn ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan saat arus mudik maupun arus balik Idulfitri 1445 H. 

"Agar kecelakaan lalu lintas tak terjadi lagi di area tersebut," ujarnya. 

Sebelumnya, Dishub Banjarbaru bersama dengan Satlantas Polres Banjarbaru, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel telah melakukan inspeksi ke lapangan sebanyak tiga kali. Hasilnya, disepakati bahwa u-turn ini harus ditutup.

"Hari ini kita lakukan eksekusi untuk menutup u-turn tersebut," bebernya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, saat ini Dishub Banjarbaru telah memasang road barrier untuk menutup u-turn tersebut yang bersifat temporal.

Meski demikian, dirinya menambahkan bahwa BPTD Kalsel dan BPJN Kalsel berencana akan menutup u-turn Kilometer 29 secara permanen, dan akan memasang lampu lalu lintas di sekitar area tersebut.

"Karena ada jalur ke bandara yang baru, jadi rencana ke depannya u-turn itu ditutup secara permanen," pungkasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB