Trending

UPTD Puskesmas Batumandi Sasar Terduga TB Paru Melalui Inovasi Bekal Taru

KUNJUNGAN: Kegiatan inovasi BEKAL TARU UPTD Puskesmas Batumandi - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Batumandi menciptakan Inovasi BEKAL TARU (Bersama Kader Lacak Temukan Terduga TB Paru) sejak tahun 2023.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan cakupan penemuan suspek atau orang yang terduga TB Paru, sebagai cakupan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan.

Kepala UPTD Puskesmas Batumandi, Hj. Nurul Bahriah menyampaikan, bahwa melalui Inovasi BEKAL TARU, tingkat penemuan orang yang terduga TB Paru dapat tercapai. 

"Karena sampai sekarang target penemuan terduga TB Paru masih rendah," ujarnya, Senin (25/3/2024). 


Lebih lanjut, dirinya mengatakan, dengan menjalin kerjasama bersama kader-kader di Desa, maka dapat menjaring masyarakat yang terduga TB Paru untuk memeriksakan diri ke Puskesmas. Baik melalui cara berangkat ke Puskesmas sendiri atau spisemen dahaknya dibawakan oleh kader. 

"Harapannya kedepan melalui inovasi BEKAL TARU ini ada kenaikan dalam SPM TB Paru dan memberikan dukungan pelayanan kesehatan yang lebih bagi masyarakat, terutama yang sudah memeriksakan diri apabila terduga TB Paru," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB