Trending

Menuju Haul Datu Kelampayan ke-218, Paman Birin Bantu 100 Ekor Sapi dan Puluhan Warung Gratis

RAKOR: Pemerintah Provinsi Kalsel bersama Panitia Inti Haul Datu Kelampayan ke 218 saat melakukan penyamaan persepsi terkait teknis pelaksanaan Haul pada bulan April - Foto Dok Biro Administrasi Pimpinan


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Gubernur Kalimantam Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, memimpin rapat persiapan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kelampayan) bersama SKPD dan instansi terkait, Senin (25/03/2024) kemarin, di Ruang Rapat PM Noor Kantor Gubernur, Provinsi Kalsel.

Dalam prosesnya, Ketua Panitia inti, Guru Rahmadi menyampaikan, setelah pihaknya melakukan rapat, maka ditetapkan waktu pelaksanaan haul yakni hari Senin tanggal 15 April 2024 atau 6 Syawal 1445 Hijriah, Pukul 09.00 Wita di Mesjid Tuhfaturroghibin Dalam Pagar Martapura.

Dirinya menyebutkan, panitia menyiapkan sedikitnya 200 blek beras (satu blek = 20 liter) beserta lauk pauknya, yang diperkirakan mencukupi untuk ratusan ribu warga lebih, ditambah makanan dari donasi warga dan semua akan dimasak secara gotong royong di dalam dapur umum dalam tim inti, ditambah 32 dapur umum tambahan.

"Adapun tenda yang disiapkan dari perbatasan kampung Dalam Pagar Desa Akar Baru hingga jembatan dekat mesjid," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel, H Berkatullah, yang turut berhadir dalam rapat persiapan mewakili Pemprov Kalsel di rumah TGH Wildan Salman, melaporkan sejumlah hal penting.

Dirinya mengatakan, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin siap menyumbangkan 100 ekor sapi untuk pelaksanaan haul dan sedikitnya 37 warung gratis untuk jemaah haul yang disebar di sejumlah lokasi.

Selain itu, disediakan sarana penyeberangan jemaah dengan kapal dan bantuan rekayasa rlalu lintas. Sedangkan untuk antisipasi kemacetan, jalan akan ditutup sejak pukul 07.00 Wita.

"Paman Birin ingin haul ini digaungkan hingga ke tingkat nasional bahkan internasional," ujarnya. 

Lebih lanjut, Sekdaprov pun menginstruksikan kepada SKPD terkait lingkup Pemprov, untuk melakukan tugasnya dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan.

Seperti masalah pemotongan sapi bantuan Paman Birin, akan menjadi tanggungjawab Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel melalui rumah potong hewan. Sedangkan soal penyediaan air bersih untuk jemaah, menjadi tugas Dinas PUPR, dan rekayasa lalu lintas diserahkan kepada Dinas Perhubungan dan Ditlantas Polda Kalsel.

Dibahas juga dalam rapat, soal penempatan atau parkir kendaraan, jemaah wanita diupayakan tidak bercampur dengan pria, videotron, jumlah kapal penyebrangan, dan sebagainya.

Di sisi lain, pihak Pemkab Banjar akan melakukan persiapan antara lain penyediaan perahu karet, area parkiran kapal, berkoordinasi pelaksanaan rekayasa lalin di kawasan Teluk Selong dan sekitarnya, termasuk upaya kebersihan lingkungan.

Agenda haul akbar yang akan diisi tausiah oleh Wakil Ketua PBNU Pusat, KH Zulfa Mustofa itu, rencananya akan dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan sejumlah tamu VVIP dari luar pulau Kalimantan.

Direncanakan akan dimulai dengan lantunan syair maulid, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan panitia haul, pembacaan manakib, sambutan Gubernur Kalsel, tausiah, dan ditutup pembacaan yasin – tahlil.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB