Trending

Dekranasda Kabupaten Banjar Tampilkan Pesona Batu Permata di Jakarta International Jewellery Fair 2024

FOTO BERSAMA: Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas di Jakarta International Jewellery Fair 2024 - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA– Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas, bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan (DKUMPP), mengukuti pameran perhiasan dari dalam dan luar negeri, Kamis (7/3/2024) di JCC Senayan, Jakarta.

Pameran perhiasan yang bertajuk Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) Tahun 2024 ini diikuti 140 peserta. Diantaranya 80 peserta swasta, 30 peserta mesin dan perangkat industri perhiasan, serta 30 pengrajin Industri Kecil dan Menengah (IKM) mitra binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita mengatakan, dengan adanya pameran perhiasan ini diharapkan memberikan semangat kewirausahaan kepada anak bangsa melalui UMKM yang maju, tangguh, mandiri, serta menjadi motor penggerak perekonomian nasional berbasis ekonomi kerakyatan.

"Pameran ini sekaligus sarana bagi pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pangsa pasar dan angka penjualan produk-produk perhiasan kreatif di Indonesia," ungkapnya.


Senada, Sekjen Asosiasi Pengusaha Emas Perhiasan Indonesia (APEPI), Iskandar Husin menjelaskan, pameran bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perhiasan kreatif dengan ciri khas desain etnik budaya yang menggunakan teknologi masa kini dalam industri perhiasan dan industri pendukungnya di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dekranasda ikut berpartisipasi dalam International Jakarta Jewellery Fair 2024 dengan mengikutsertakan IKM batu permata dari Kabupaten Banjar.

"Selain berpartisipasi dalam event ini kita juga ikut mempromosikan batu permata yang menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Banjar seperti intan/berlian, perhiasan emas perak, dan aksesoris lainnya," ujarnya.

Dirinya menyatakan, pameran perhiasan ini merupakan kegiatan usaha yang penting karena memiliki peranan dalam upaya pengembangan investasi di industri kreatif dan perdagangan perhiasan serta membuka lapangan kerja baru di Indonesia.

"Pameran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perhiasan kreatif Kabupaten Banjar. Sekaligus sebagai sarana bagi pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pangsa pasar dan angka penjualan produk-produk perhiasan," tuturnya.

Dirinya berharap, dengan ikutnya IKM Batu Permata dapat menambah wawasan dalam hal desain desain perhiasan, motif dan corak yang sedang trend saat ini.

"Sehingga nantinya mampu meningkatkan kualitas dan mutunya dan bersaing dan memperluas pasar batu permata yang ada di Kabupaten Banjar lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sebagai perajin batu permata yang berkualitas baik di dalam maupun di luar negeri," pungkasnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB