Trending

Relawan Desa Muara Jaya Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana Skala Lokal

PEMADAM: BPBD Balangan beri pelatihan penggunaan mesin pemadam - Foto Dok BPBD Balangan

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL - Untuk meningkatkan peran dalam menghadapi kebencanaan, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui BPBD Balangan menggelar pelatihan relawan tanggap bencana skala lokal di Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan Jumaidil Hairi mengatakan, tujuan kegiatan ini salah satunya adalah untuk mempersiapkan relawan desa dalam menghadapi situasi darurat khususnya kebakaran pemukiman.

Pelatihan ini melibatkan simulasi dan latihan praktis untuk mengajarkan anggota relawan desa tentang tindakan yang harus diambil dalam situasi kebakaran.

"Sehingga dalam hal menghadapi bencana khususnya kebakaran menjadi lebih terorganisir maka upaya penanggulangan kebakaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi menambahkan, BPBD melalui TRC aktif melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada relawan di desa.

"Pembinaan dan pelatihan bertujuan untuk melatih kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, yaitu bencana banjir dan musibah kebakaran," ujarnya.

Selain materi sosialisasi, prelawan desa juga dilatih menggunakan alat-alat pemadam, mulai dari cara menghidupkan mesin sampai cara menggunakannya.

Penulis: Mardiana


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB