Trending

Arab Saudi dan Empat Negara Lainnya Resmi Bergabung Sebagai Anggota BRICS

 

BRICS: Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, Presiden China Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berpose untuk foto keluarga BRICS pada KTT BRICS 2023 di Sandton Convention Center di Johannesburg, Afrika Selatan, 23 Agustus 2023 -Foto dok suara.com


RILISKALIMANTAN.COM, AFRIKA SELATAN - Arab Saudi dan empat negara lainnya secara resmi menjadi anggota BRICS. Hal ini dipastikan setelah Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa Arab Saudi, Iran, Mesir, Ethiopia, dan Uni Emirat Arab menjadi anggota penuh BRICS.

BRICS tahun lalu mengkonfirmasi minat 34 negara yang menyatakan keinginan bergabung meski belakangan salah satu negara, yakni Argentina memutuskan mundur pada Januari lalu.

Pandor menjelaskan, Argentina tidak melanjutkan minat mereka untuk menjadi anggota BRICS tanpa dijelaskan alasan di baliknya.

Reuters melaporkan, masuknya lima anggota baru BRICS telah dikabarkan sejak awal Januari 2024. Namun, Arab Saudi segera membantah kabar tersebut dan menyatakan bahwa mereka masih mempertimbangkan tawaran untuk menjadi anggota.

Saat itu, Menteri Ekonomi Arab Saudi, Faisal Al-Ibrahim, mengkonfirmasi bahwa kerajaan tersebut masih dalam proses pengambilan keputusan untuk bergabung dengan blok tersebut.

"Kerajaan terlibat dalam banyak platform multilateral dan institusi multilateral. Setiap kali kami diundang untuk bergabung dalam salah satu dari mereka, kami akan menjalani proses multi-langkah dan pada akhirnya, sebuah keputusan akan diambil," ujarnya.

BRICS kini sedang merancang sebuah kerangka kerja yang memungkinkan anggotanya menggunakan mata uang lokal dalam perdagangan antar BRICS karena penggunaan dolar AS dinilai justru merugikan dua pihak.

Sementara, hingga kini Indonesia belum menunjukkan minat bergabung. Presiden Jokowi justru condong bergabung ke Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD).

Sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB