Trending

Direstui Jokowi, Dana Abadi Pariwisata Rp 2 Triliun Diluncurkan Agustus

 

PARIWISATA: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno -Foto dok finance.detik.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pemerintah akan membentuk Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF). IQTF akan mengelola dana abadi sebesar Rp 2 triliun.

"Rapat memutuskan, atas arahan Bapak Presiden (yaitu Indonesia Quality Tourism Fund akan dibentuk dan di bulan Agustus dirampungkan dari segi regulasi dengan dana awal kelolaan dalam bentuk dana abadi sekitar Rp 2 triliun," kata Sandiaga, Senin (8/7/2024) di Kompleks Istana Presiden usai rapat terbatas.


Sandiaga menjelaskan nantinya dana Rp 2 triliun akan digunakan untuk mendukung acara taraf internasional yang dinilai memiliki dampak ekonomi besar dan bisa meningkatkan citra Indonesia. Karenanya event yang bisa mendapat dana abadi ini hanyalah yang mendapat arahan dari Presiden langsung.

"Dana tersebut akan dialokasikan di RAPBN 2025, karena itu dari sisi pengelolaannya nanti akan dipastikan event-event berkualitas internasional yang memiliki dampak ekonomi membantu pergerakan wisatawan dan juga yang akan mampu mengangkat nation branding Indonesia," terang Sandiaga.

"Rapat juga memutuskan event yang akan didanai oleh Indonesia Quality Tourism Fund ini adalah event yang mendapatkan arahan langsung dari bapak presiden," sambung mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Pemerintah berharap dana abadi bisa membantu meningkatkan pariwisata Indonesia yang saat ini sudah berada di peringkat 22 dunia. Begitu juga dengan perbaikan pengelolaan sampah dan pengurangan emisi karbon di sektor ini menjadi bagian dari pada Indonesia quality tourism fund.

"Kita harapkan Indonesia terus membangun pariwisatanya dan meningkatkan kunjungan pariwisata yang berkualitas menuju Indonesia emas," pungkas Sandiaga.

Sumber: finance.detik.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB