Trending

Acil Odah Inginkan Gerakan Pramuka HST Jadi Teladan Masyarakat

RAMAI: Suasana penyambutan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel Hj Raudhatul Jannah atau Acil Odah di Kabupaten HST - Foto Dok Biro Administrasi Pimpinan


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, melantik kepengurusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masa bhakti 2023-2028 pada, Kamis (3/7/2024) Pendopo Kediaman Bupati HST, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ka Odah sapaan akrabnya di Gerakan Pramuka yang tengah mengikuti rangkaian turun ke desa (Turdes) 2024 Paman Birin “Menembus Batas ke-10” ini, menyempatkan bertemu dengan jajarannya di HST sekaligus melantik kepengurusan Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka HST.

Ia pun berharap pelantikan ini memantapkan komitmen bagi anggota bahwa wadah ini bukan usaha nirlaba yang berorientasi pada keuntungan, melainkan pengabdian yang tulus kepada masyarakat.

Ka Odah juga memotivasi Gerakan Pramuka agar memberikan keteladanan di masyarakat dan memberikan kemanfaatan bagi orang banyak, karena manusia yang baik itu ujarnya adalah yang bermanfaat untuk orang lain.

"Untuk kelancaran tugas dan pengabdian masyarakat, jajaran gerakan Pramuka harus dilakukan perjasama dan hubungan yang harmonis antara kwarda, kwarcab, kwarran, majelis pembimbing, dan stakeholder lainnya," ungkapnya.


Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan Gerakan Pramuka dinilai penting, karena di wadah ini, bisa membentuk atau membina karakter anak bangsa.

"Apalagi selama ini, hampir tak pernah didengar terjadi kasus perilaku buruk di mata masyarakat. Justeru jika terjadi bencana alam maupun non alam seperti kebakaran, Pramuka selaku tampil dan turut membantu masyarakat secara suka rela," ujarnya. 

Tak lupa istri Gubernur Kalsel dua periode ini mengajak agar Gerakan Pramuka tetap loyal dan tulus dengan janji Satya Dharma Pramuka. Terlebih mengingat potensi sekaligus persaingan bagi masyarakat Kalsel yang berada pada posisi pintu gerbang IKN di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Khusus persaingan dan tantangan yang akan dihadapi, satu-satunya cara adalah meningkatkan sumber daya manusia.

“Jangan sampai ada anak-anak yang putus sekolah, ini tanggung jawab bersama,” ujar Ka Odah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarcab HST Aulia Oktafiandi pun mengajak jajarannya, agar terus eksis dan turun ke masyarakat, seperti yang dicontohkan Acil Odah dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

“Ka Odah ini contohnya, dan Paman Birin, sidin (Hj Raudatul Jannah -red) turun langsung ke masyarakat, melakukan kerja nyata” pungkasnya. 

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB