Trending

Nurkhalis Anshari Siap GASPOL di Pilkada Banjarbaru 2024

LEGISLATOR: Kader muda PKS yang juga Anggota DPR Banjarbaru, H Nurkhalis Anshari, menyatakan siap berkontestasi di Pilkada 2024 - Foto Dok Bang Khalis


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Legislator muda asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kini berada di Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, yakni H Nurkhalis Anshari, menyatakan siap untuk berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Hal tersebut, disampaikannya di sela kegiatan pembukaan penjaringan bakal calon kepala daerah, Kamis (9/5/2024) di Sekretariat DPD PKS Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Saat ini tinggal menunggu tiket dari partai tempat saya bernaung dan juga mitra koalisi. Kalau sudah, langsung kita gaspol," ungkapnya. 


Bang Khalis sapaan akrabnya mengungkapkan, selama di DPRD ini telah banyak membentuk peraturan daerah (perda), membahas RAPBD bersama kepala daerah, serta melakukan pengawasan dalam pelaksanaan perda maupun penggunaan APBD. Sebagai tugas dirinya selaku anggota legislatif DPRD Kota Banjarbaru.

"Kalau sebelumnya kita sebatas pembentukan dan pengawasan. Tentu ke depan kita ingin mengambil peran dan kontribusi yang lebih, yakni turut andil dalam menjalankannya (eksekutif -red)," ujarnya.

Saat ditanya perihal Peraturan KPU yang menyebutkan Anggota DPRD terpilih harus mengundurkan diri ketika maju sebagai kepala daerah. Pemuda kelahiran tahun 1985 ini menegaskan, siap menjalani semua konsekuensi yang bakal dihadapinya.

"Jika itu bagian dari mekanisme dan prosedur dalam tahapan pilkada dan bagian dari ikhtiar dalam membangun dan memajukan Kota Banjarbaru, kenapa harus ragu dalam mengambil langkah," ucapnya.

Adapun terkait ramainya bermunculan bakal calon kepala daerah yang didominasi kalangan muda. Bang Khalis mengatakan, bahwa hal itu sebagai pertanda atmosfer perpolitikan di Banjarbaru dalam keadaan sehat.

"Sudah waktunya untuk memberikan kesempatan bagi para pemuda, terlebih hari ini Banjarbaru berstatus Ibu Kota Provinsi yang memerlukan figur pemimpin berjiwa muda," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Banjarbaru, Arif Sumarsono membeberkan, berdasarkan hasil pooling internal dan survey beberapa lembaga, H Nurkhalis Anshari, adalah sosok paling memungkinkan untuk maju mewakili partai.

"Beliau (Bang Khalis -red) punya elektabilitas dan kapasitas, serta memiliki nilai tawar kepada partai lain," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya menyatakan PKS Banjarbaru siap untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dengan semua partai dalam menghadapi Pilkada tahun 2024.

"Kita sudah ada melakukan komunikasi dengan beberapa partai dan tokoh yang ada di Banjarbaru," pungkasnya.

Penulis: H Faidur 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB