Trending

Legislator Barsel Harapkan Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Barsel Sudiarto - Foto Dok Nett


RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Sudiarto, mengharapkan generasi muda di wilayah setempat agar dapat melestarikan budaya daerah.

“Pelestarian seni dan budaya tersebut sangat penting agar seni dan budaya yang ada di daerah ini bisa terus ada ditengah masyarakat,” katanya.


Dikatakannya, budaya atau tradisi adalah sebuah kekayaan nilai yang berupa seni dan seni tersebut bisa berbentuk musik, benda, tarian hingga bahasa.

“Seni dan budaya selalu dimiliki setiap wilayah dan seni dan budaya ini merupakan peninggalan dari leluhur,” ucap politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barsel ini.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada generasi muda di daerah ini harus berperan penting dalam melestarikan seni dan budaya tersebut.

Karena lanjut dia, sebuah budaya bisa bertahan atau sirna seiring berjalannya waktu dan keberadaan suatu budaya tersebut akan ditentukan oleh perlakuan masyarakat yang berada di suatu daerah itu.

“Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya, maka tradisi tersebut pasti akan bertahan,” tambah anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Barsel itu.

Adapun cara dalam upaya melestarikan budaya tersebut dengan aktif dalam kegiatan kebudayaan untuk terus menjaga eksistensi sebuah tradisi.

Kemudian lanjut dia, meningkatkan kompetensi budaya dengan mempelajari literasi guna meningkatkan pengetahuan tentang budaya.

Menurut dia, ditengah arus globalisasi saat ini, generasi muda juga harus membiasakan untuk menggunakan kalimat berbudaya demi menjaga tradisi lokal dan itulah beberapa peran generasi muda untuk melestarikan tradisi lokal.

“Kita mengharapkan kepada pemerintah kabupaten setempat agar mendukung supaya seni dan budaya di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa terus ada ditengah masyarakat di daerah ini,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB