Trending

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Musibah Kebakaran Saat Ramadan

IMBAU: Kepala BPBD Balangan, H Rahmi, mengajak masyarakat untuk melakukan antisipasi bencana - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, mengimbau serta mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran dan bencana alam lainnya yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, terlebih di bulan ramadan. 

Kepala BPBD Balangan, H Rahmi, mengingatkan masyarakat selalu waspada terhadap potensi bencana seperti kebakaran, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya. 

Dirinya menambahkan, saat bulan ramadan terutama pada malam hari, masyarakat harus bisa memastikan kompor sudah dalam keadaan mati, begitu juga setelah melaksanakan sahur, dan menjaga keamanan rumah masing-masing. 

“Jangan sampai karena keteledoran kita, musibah-musibah yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kebakaran. Untuk itu mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan guna mengantisipasi terjadi bencana,” imbaunya, Selasa (12/3/2024).


Dirinya pun memberikan tips agar rumah tetap aman saat ditinggal pergi salat tarawih atau subuh ke masjid, yakni dengan mencabut alat elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik agar terhindar dari kemungkinan korsleting listrik, serta menyalakan lampu penerangan seperlunya. 

"Yang penting juga jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa pengawasan, cabut regulator dari tabung gas ketika meninggalkan rumah," ujarnya. 

Lebih lanjut, dirinya juga mengingatkan penggunaan lilin dan lampu teplok saat terjadi pemadaman listrik untuk bisa memastikan kembali kondisi keamanan rumah sebelum ditinggalkan.

“Keluarga besar BPBD Kabupaten Balangan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan, semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan dan tambahan iman sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan dengan baik, serta terhindar dari musibah kebakaran dan lainnya...Aamiin,” pungkasnya.

Penulis: Mardiana 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB