Trending

Timnas AMIN Desak KPU Audit dan Evaluasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap)

 

SIREKAP: KPU klaim sudah diaudit, Timnas AMIN tetap desak evaluasi Sirekap -Foto dok cnnindonesia.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional paslon nomor urut 1 Pilpres 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) mendesak Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) diaudit dan dievaluasi.

Juru Bicara Timnas AMIN Billy David juga mendesak audit dan evaluasi turut dilakukan terhadap sistem Teknologi Informasi atau IT KPU.

"Kami mendesak saat ini ada audit forensik untuk IT KPU termasuk juga evaluasi penggunaan sirekap," kata Billy kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/2/2024).


Billy menyebut pihaknya telah melayangkan surat sebanyak dua kali kepada KPU untuk meminta simulasi penggunaan Sirekap sebelum pemilu dilakukan.

Namun, kata dia, kedua surat itu tidak pernah ditanggapi.

"Timnas AMIN sebelum pemilu sudah dua kali bersurat untuk diadakan simulasi, tapi tidak pernah ditanggapi," jelas dia.

Di sisi lain, KPU mengklaim Sirekap telah diaudit lembaga berwenang. Audit itu dilakukan lantaran banyaknya kegaduhan yang muncul akibat data yang diinput di Sirekap tidak sama dengan formulir C hasil di TPS.

"Sudah diaudit oleh lembaga yang berwenang. Tadi sudah saya sampaikan, asesmen sudah dilakukan," ujar Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos Senin (19/2/2024) di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

Betty mengatakan mekanisme kerja pada Sirekap telah sangat rinci. Ia juga menyebut Sirekap hanya dijadikan alat bantu dan bukan jadi dasar penghitungan resmi KPU.

Sumber: cnnindonesia.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB