Trending

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Dorong Ormas Berperan Dalam Penanggulangan Bencana

DISKUSI: Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel M Lutfi Saifuddin saat menggelar Sosper bersama Ormas Batamad Kota Banjarmasin - Foto Dok dprdkalselprov.id

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. M. Lutfi Saifuddin, S.Sos berharap, Organisasi Masyarakat (Ormas) dapat berperan aktif dalam penyelengaraan penanggulangan bencana.

Hal itu disampaikannya saat menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalsel Nomor 6 Tahun 2017, Jum’at (2/2/2024) lalu bertempat di Rumah Makan Soto Kuin Pak Haji, Kabupaten Barito Kuala (Batola). 

Perda sendiri ini mengubah beberapa ketentuan dalam Perda Provinsi Kalsel Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Provinsi Kalsel.

"Dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kalsel memang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD. Tapi dalam Perda ini diterangkan pula bahwa Ormas juga mendapatkan kesempatan untuk berperan dalam penyelengaraan penanggulangan bencana, baik secara sendiri maupun secara bersama dengan pihak lain," ungkapnya.


Oleh karena itu pada sosper kali ini dirinya mengundang salah satu ormas, yakni Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kota Banjarmasin sebagai peserta.

“Kita harapkan nanti peran serta organisasi kemasyarakatan ini dalam hal pencegahan atau penanggulangan bencana di Provinsi Kalsel. Belajar dari bencana yang pernah kita alami pada saat banjir besar beberapa tahun yang lalu, dimana masyarakat kita, ormas-ormas kita, gotong royong melakukan kegiatan sosial, kita harapakan ini bisa lebih lagi mendapat pembinaan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini dirinya juga menyampaikan aspirasi anggota Batamad yang berharap kiranya ada pelatihan dan bantuan sarana yang ditempatkan kepada ormas-ormas untuk memudahkan mereka memberikan pertolongan bagi masyarakat yang terkena bencana.

Sumber: dprdkalselprov.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB