Trending

Mewanti-wanti Ancaman Terhadap Demokrasi, AHY: Tersinggung Sedikit Saling Melaporkan

 

MENYOROTI DEMOKRASI: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato politiknya pada Jumat (12/1/2023) di Bandung, Jawa Barat -Foto dok nasional.kompas.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAWA BARAT - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti situasi demokrasi akhir-akhir ini.

Baginya, masih banyak masyarakat yang takut menyampaikan pendapat di muka publik karena takut dilaporkan ke aparat penegak hukum.

“Siapa  pun yang merasa lebih kuat, ada kecenderungan untuk menekan yang lemah. Tersinggung sedikit, masing-masing pihak saing menuntut dan melaporkan,” ujar AHY pada Jumat (12/1/2024) di Bandung, Jawa Barat, yang disiarkan melalui Kompas TV.


Ia mengatakan, situasi itu semakin parah karena ada berbagai hoaks dan ujaran kebencian.

AHY mengingatkan, jika hal tersebut tidak diperbaiki, berpotensi menimbulkan pembelahan di masyarakat.

“Sementara itu, bangsa kita yang majemuk ini, sangat rentan terhadap perpecahan. Masyarakat yang sejahtera tentu saja menginginkan kebebasan, keadilan, keamanan, kerukunan, kedamaian, dan ketentraman,” tutur dia.

Menurutnya, upaya pembenahan tak bisa dibebankan saja pada pemerintah. Tetapi juga menjadi tugas semua pihak.

“Itu lah mengapa, Partai Demokrat telah memikirkan dan merumuskan secara seksama, agenda perubahan dan perbaikan seraya melanjutkan yang sudah baik, agar tidak hanya menjadi janji-janji belaka,” imbuh dia.

Sumber: nasional.kompas.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB