Trending

211 Rekapitulasi Usulan Hasil Musrenbang Kecamatan Mantangai

MUSRENBANG: Ada ratusan usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat Kecamatan Mantangai - Foto Dok Agus

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG - Kamis (11/1/2024), digelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bupati Kapuas Drs Jaya, Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes, anggota DPRD Kapuas, Camat Mantangai Yubderi, unsur Forkopimcam, perwakilan perangkat daerah, kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Camat Mantangai Yubderi mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

"Dalam Musrenbang tercantum daftar usulan rencana kegiatan pembangunan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten," kata Yubderi.

Ditegaskannya, terwujudnya harmonisasi dan sinergisitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat menjadi tujuan utama dalam Musrenbang kecamatan ini.

Dalam rekapitulasi Musrenbang Kecamatan Mantangai untuk RKPD 2025, ada 211 usulan dari 38 desa dan kecamatan, yaitu bidang infrastruktur jalan 45 usulan, jembatan 33 usulan, pelabuhan/dermaga 7 usulan, irigasi 14 usulan, listrik desa 8 usulan, telekomunikasi/BTS 3 usulan, air bersih 6 usulan, sanitasi 2 usulan, perumahan dan pemukiman 4 usulan, bidang pendidikan 37 usulan, bidang kesehatan 20 usulan, peningkatan kualitas PTK 6 usulan, lingkungan sehat 3 usulan, pemberantasan penyakit 1 usulan, pertanian 7 usulan, perikanan 7 usulan, peternakan 7 usulan, sosial 2 usulan, pemerintah desa 6 usulan, dan kelembagaan sosial 7 usulan. 

"Untuk skala prioritas, salah satunya di bidang infrastruktur. Harapan kami, anggota DPRD Kapuas dari Dapil IV dapat memfasilitasi hasil dari Musrenbang ini agar dapat terlaksana dan diakomodir," kata Yubderi. 

Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes menyatakan siap mengawal hasil Musrenbang karena berkaitan dengan aspirasi masyarakat.

"Apa yang menjadi usulan masyarakat, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan perikanan harus menjadi perhatian," harap Yohanes.

Diungkapkan wakil rakyat dari Dapil IV Kapuas ini, usulan dari masyarakat akan dibahas bersama dengan eksekutif saat pembahasan APBD tahun anggaran 2025.

"Usulan prioritas di Kecamatan Mantangai menjadi pegangan kita untuk dapat dilihat dalam struktur APBD 2025, apakah terakomodir oleh eksekutif saat pembahasan nanti," ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengapresiasi kepala desa yang hadir dalam Musrenbang Kecamatan Mantangai.

"Saya berharap usulan yang disampaikan dari desa masuk dalam struktur APBD 2025 nanti," katanya.

Pj Bupati Kapuas yang diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Drs Jaya, menyampaikan Musrenbang kecamatan diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi antara perangkat daerah Kabupaten Kapuas dengan unsur pemerintah desa dan kecamatan.

"Saya berharap hasil Musrenbang kecamatan menghasilkan dokumen yang dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah tahun 2025 dan menjadi umpan balik dalam penetapan rencana kerja pemerintah desa," ucap Jaya.

Penulis : Agus


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB